Tuesday, February 05, 2013

Menghitung persamaan matematika praktis dan mudah

Search Engine adalah mesin pencari di internet. Search engine yang terkenal dan kita tahu adalah google, Ia mencari apa saja yang kita inginkan, sesuai dengan kata kunci. Tetapi sekarang ada search engine yang memudahkan untuk mengerjakan soal matematika. Search engine ini khusus dalam pengerjaan soal matematika, misalnya persamaan garis dan parabola.

Misalkan kita ingin mencari hasil dari titk potong dari persamaan garis dan kurva y=x^2, tanda pangkat "^" , untuk menandai sebagai kuadrat, atau x^3 jika kubik. Sampai sekarang saya belum bisa. Cari mencari di google akhirnya dipertemukan dengan wolfram, lumayan sih, ini sedikit membantu. Anda akan tau jawabannya tetapi saya belum tahu caranya mengetahui cara penyelesainnya. Bisa disebut juga wolframAlpha adalah mesin pencari matematika instan, yang memudahkan pengerjaan permasalahan matematika.

Anda bisa mencobanya langsung dengan ke situsnya wolfram http://www.wolframalpha.com.

Caranya menggunakan cukup mudah, ketik persamaan matematika, contoh persaman garis non linear / parabola. tanda untuk pangakt adalah  " ^ " contoh x^2 atau x^3 ,
 Dalam waktu beberapa detik hasil jawaban akan keluar. Mungkin jawaban tidak akan lengkap, karena fitur nya free belum yang pro. Jadi fitur fiturnya terbatas.





 Ada juga wolfram toolbar di browser internet, firefox . Caranya
klik tools-add-ons, pada kotak pencarian ketik wolfram dan carilah, akan muncul seperti di bawah
dan klik instal, tunggu proses, lalu restart firefox anda.










Penampilannya akan seperti ini, adna bisa langsung mengetik persamaan matematikanya, dan langsung terhubung ke situs wolframnya.  Sebenarnya sama saja dengan membuak situs wolfram, tetapi jika toolbar sudah terpasang selalu, maka akan selalu ingat denga wolfram.

No comments: