Saturday, January 19, 2013

Tips mengurangi kecanduan pada facebook

Internet memang banyak manfaatnya, namun jika hanya sibuk dengan facebook, gak akan anda dapatkan kelebihan dari internet yang bermanfaat itu sebenarnya. Jangan hamburkan penggunaan internet hanya bermain facebook saja. Cari informasi tentang pelajaran atau kerja sebanyak mungkin. Internet sering disebut dunia maya atau dumay, yang lebih sering orang lakukan adalah berkecimpung di dunia maya(dumay).

Kecanduan adalah melakukan sesuatu karena kebiasaan yang disukai, sesuatu yang tidak mudah untuk dihilangkan. Kecanduan tidak hanya disebut pada rokok ataupun games. Kecanduan bermain facebook sangat susah dihilangkan. Jika komputer sudah ada internet yang utama dibuka adalah facebook. Meskipun tujuannya untuk belajar tetap facebook yang dibuka.




Kerugian bermain facebook,
1)waktu longgar akan terbuang sia-sia,
2)anda akan lebih suka mengeluh dengan menulis status bersifat curhat, ingat yang anda tulis di facebook maka akan dibaca semua teman yang berteman dengan anda.
3)anak alayer akan lebih banyak lagi.
4)menyita waktu belajar dan waktu sholat.
5)akhir-akhir ini banyak penculikan karena bermain facebook.

Tidak ada cara lain berhenti membuka facebook jika komputer ada internet. Cara satu-satunya blokir situs facebook di mozila fire fox anda.

Caranya bisa anda cari di google
Berikut cara yang saya dapat dari netmild.com
1)download plugin download link 
2)instal dan restart firefox
3)Menurut netmild.com (2010), "Jika anda telah menginstal add-ons tersebut silahkan restart browser mozilla anda, kemudian klik pada menu Tools pilih add-ons pada add-ons pilih tab extensions klik pada Options BlockSite.
Akan muncul jendela baru kemudian silahkan anda klik tombol Add masukan URL situs yang ingin anda block dengan cara tambahkan tanda * (bintang) contoh : jika anda ingin block situs jejaring social seperti facebook URL : 
http://*www.facebook.com* "

namun jika ingin menghapus akun FB permanen bisa dilihat di link ini

Demikianlah cara untuk memblokir situs facebook di browser supaya mengurangi kecanduan bermain facebook. Yang paling penting adalah dari diri sendiri ada keinginan untuk berhenti. Cara diatas tidak akan berhasil jika nafsu bermain facebook masih tetap besar. Bisa dengan cara men delete plugin tadi atau ganti browser lain. Anyway, semoga bermanfaat.

No comments: