Tuesday, November 06, 2012

Bunga majemuk dalam excel, dengan rumus sederhana

Dalam perhitungan bunga majemuk, nilai pokok ditambahkan dengan bunga yang jatuh tempo pada akhir periode compound atau periode perhitungan bunga untuk memperoleh nilai pokok yang baru, sehingga bunga periode berikutnya dihitung berdasarkan nilai pokok baru, bukan atas nilai pokok awal.

Dan berikut rumus dasar dari bunga majemuk



Vf = Vp(1 + r)n

Vf adalah nilai yang akan datang
Vp adalah nilai sekarang
r adalah tingkat bunga perperiode transaksi perhitungan satu tahun
n adalah total jangka waktu sesuai dengan periode transaksi atau total frekuensi dalam seluruh transaksi, biasa dinyatakan dalam tahun.

Dalam pembahasan ini saya tidak membahas lebih lanjut dari materi yang sebenarnya. Saya hanya membahas sedikit saja. Hanya dalam bentuk yang sangat sederhana. Dan khususnya bagaimana menghitung bunga majemuk dalam microsoft excel. Apa rumus yang digunakan.


Contoh Soal:

Seorang mahasiswa UNPAM merencanakan menikah pada bulan November 2019. Biaya resepsi membutuhkan dana yang besar. Untuk memenuhi biaya tersebut mulai tanggal 1 November 2012 ia menabung di bank sebesar 100 juta yang memberikannya tingkat bunga 6%. Diminta berapa dana yang berhasil dikumpulkan  selama 7 tahun ia menabung.?

Dalam pembahsan ini saya tidak akan menerangkan bagaimana cara menghitungnya, tetapi cukup copy paste atau ketik rumus berikut dan letakkan di sell mana saja dalam microsoft excel.


=100*(10^6)*(1+0.06)^(7)


Maksudnya 100.106 atau 100 juta.
6% = 0.06 dan pangkat 7 (tahun).



Mudahkan.


No comments: