Thursday, October 04, 2012

pangkat,dan akar pada microsoft excel

Postingan kali ini tentang tutorial microsoft excel, jarang jarang saya punya inisiatif untuk nge post tentang tutorial, bagi yang belum tahu saja, kalau yang sudah tahu ya biar tambah paham.

Jujur memang baru kali ini saya bisa dan tahu kalau microsoft excel bisa menggunakan pangkat, padahal button fungsi buat pangkat saja tidak ada. Di bawah button pangkat pada microsoft word.




Jarang jarang saya buka excel, dan coba mencari pangkat atau angka kecil di kanan atas ternyata tidak ada di excel. Karena di excel ada rumus yang cukup sederhana.



Saya juga baru tahu ini, baru tadi siang saya dapatkan dari dosen matematikaku.

secara sekilas yang beliau tuliskan di white board ialah 4^4 atau untuk akar 4^(1/2)

Oke, langsung saja akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan rumus tersebut.

tanda pangkat "^" di keyboard ku ada di tombol angka 6 yang harus di tekan bersamaan dengan tombol shift.

Sekarang arahkan ke sell A1 dan tulis angka 4 , kemudian di sell B1 tulis angka 2 , untuk sell C1 langsung ketik rumusnya =A1^B1 lalu tekan ENTER. jadi hasilnya adalah 16.





Selanjutna pembahasan untuk cara menggunakan rumus buat menghitung akar. Tentu tidak ada symbol akar di keyboard atau operasi akar di excel.

Sekarang hitung berapa hasil dari akar 4 di ms excel.

Rumusnya =4^(1/2)

Cara menulisnya.

Arahkan ke sell A1 tulis angka 4, di B1 tulis angka 1, C1 tulis angka 2, rumusnya tulis di sell D1 ketik =A1^(B1/C1) lalu tekan ENTER.



Di sell A1 bisa di ganti angka apa saja untuk membuktikan dengan angka angka yang lain.

Nah sampai disini postingan kali ini.

Selesai.


No comments: