Saturday, June 16, 2012

Scrabble, permainan menyusun kata

Scrabble??Apa itu Scrabble? Awal nya aku tak tahu dan tidak memikirkan apa itu scrabble. Tapi setelah melihat film di salah satu stasiun televisi, seorang anak sedang memecahkan suatu kata sandi dengan scrabble. Kata scrabble tertulis di sampul box berukuran seperti buku yang besar. Awal nya saya gak tau apa itu artinya. Tapi di scene berikutnya si gadis perempuan mencoba memecahkan kode tersebut tapi kali ini kotak scrabble itu di buka. Si gadis perempuan memainkan kotak kotak huruf , seperti kuis susun balok huruf menjadi satu kesatuan kata .

Dan setelah itu aku tidak diam aja membiarkan aku tak tahu apa itu scrabble. Aku langsung mencari di google. nah dapat lah. Ok,Saya jelaskan scrabble adalah permainan papan yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris). Dengan syarat kata kata tersebut harus sesua dengan Ejaan Bahasa yang Disempurnakan atau EYD dalam kamus.

Akan saya copas kan sejarah singkat dari http://linkblog-ku.blogspot.com/2012/03/game-scrabble-dari-bahasa-c.html?spref=bl

Permainan Scrabble mulanya diciptakan di tahun 1938 dengan nama "Criss-Crosswords" oleh seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan penyempurnaan dari permainan Lexiko yang lebih dulu diciptakannya, tapi dilengkapi papan permainan dan cara bermain seperti teka-teki silang. Permainan tetap menggunakan keping huruf seperti Lexiko yang dibuat berdasarkan hasil perhitungan distribusi frekuensi penggunaan huruf berbagai tulisan berbahasa Inggris, termasuk artikel surat kabar The New York Times. Alfred Butts memproduksi sendiri permainan ini dan menawarkannya ke berbagai perusahaan mainan besar tapi tidak laku.
     Di tahun 1948, pengacara James Brunot, penduduk asal Newtown, Connecticut membeli hak memproduksi permainan "Criss-Crosswords" dengan janji memberi Butts royalti dari setiap unit yang terjual. Sebagai pemilik yang baru, Brunot mengganti nama permainan menjadi "Scrabble", sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti "berjuang membanting tulang". Brunot hanya sedikit mengubah kotak-kotak "bonus" pada papan permainan, dan menyederhanakan aturan permainan. Permainan Scrabble ternyata laku dijual. Salah satu pembelinya adalah toko serba ada Macy's yang bernhasil mengangkat Scrabble menjadi mainan yang ingin dibeli konsumen.
     Di tahun 1953, Brunot menjual hak produksi permainan Scrabble kepada Selchow and Righter, karena kapasitas produksi tidak mampu lagi memenuhi permintaan. Seperti halnya Parker Brothers dan Milton Bradley, Selchow and Righter adalah salah satu dari pabrik mainan besar yang dulu pernah menolak untuk membeli permainan Scrabble. Di Britania Raya dan Australia, Scrabble mulai dipasarkan J. W. Spear & Sons tanggal 19 Januari 1955. Perusahaan J. W. Spear & Sons sekarang merupakan anak perusahaan dari Mattel Di tahun 1986, Selchow and Righter menjual permainan ini kepada Coleco yang kemudian menjualnya lagi kepada Hasbro.
   
Dalam benak saya ingin saya membuat atau hanya memainkannya , setelah saya cari di google banyak juga permainnan dengan tema scrabble.Tapi ya buat wawasan baru. kalua dulu teka teki kata yan saya tahu itu teka teki silang , sekarang permainan teka teki huruf kita sebut dengan scrabble. Menurut saya permainan ini juga bisa melatih kita belajar kosa kata bahasa.

No comments: