Monday, June 11, 2012

Cara mengatasi anak yang sedang kecanduan game

Sering di jumpai anak anak jaman sekarang,entah anak tetangga anak keponakan anda,bahkan anak anda sendiri yang sedang kecanduan games.Tidak bisa di pungkiri memang dari tahun ke tahun games memang sangat berkembang jika dahulu game cuman di temui di tempat rental Play Stations 2 , namun sekarang Games PC/personal komputer juga tidak kalah dengan games pada PS jaman dahulu.Entah itu anak itu punya komputer atau tidak,mereka akan mencari cara untuk bisa bermain game, entah itu warung internet atau di rumah teman.

Meskipun ada yang namanya game Edukasi, Meskipun sedang di kembangkannya game Edukasi untuk anak anak,namun Anak anak cenderung lebih memilih game addiction.Karena dari segi alur dan grafik sangat menarik pikiran mereka.Dengan game addiction dapat membawa anak anak ke banyak dampak negatif.Tentu ini akan membuat para orang tua khawatir akan masa depan si anak jika terus terusan bermain game tanpa batas waktu.




Bagaimana cara mendeteksi game addiction?

Berikut adalah checklist singkat yang disusun oleh Iowa State researchers untuk membantu mendeteksi apakah seseorang menggalami game addiction. Jika ada 6 jawaban “YA”, anda dapat berkonsultasi dengan professional terkait untuk membahas dan mengatasi adiksi yang terjadi.
Hal yang perlu diperhatikan :
  1. Sebagian besar waktu dihabiskan untuk memikirkan tentang bermain game, belajar tentang cara bermain game, dan menunggu kesempatan selanjutnya untuk bermain
  2. Sejalan dengan berputarnya waktu, semakin banyak waktu atau biaya (jika bermain di warnet) yang dihabiskan untuk bermain game
  3. Merasa tidak berhasil mengurangi waktu bermain game?
  4. Merasa tidak nyaman saat berusaha mengurangi atau menghentikan permainan
  5. Bermain games untuk menghindari perasaan tidak nyaman, menghindari orang lain, atau menghindari masalah
  6. Berbohong pada keluarga atau teman tentang durasi waktu bermain game
  7. Mencuri uang atau waktu untuk bermain game
  8. Melupakan kegiatan rumah sehari-hari seperti makan, mandi, dan berganti pakaian untuk bermain game.
  9. Melupakan belajar dan mengerjakan tugas untuk bermain game.
  10. Memperoleh nilai yang jelek saat ujian karena menghabiskan waktu terlalu lama bermain game.
  11. Meminta orangtua atau saudara uang untuk membeli perlengkapan game (termasuk CD game) berulang-ulang kali dalam durasi waktu yang pendek.

Bagaimana cara mengatasi game addiction?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengatasi adiksi games. Batasi waktu bermain game bagi anak. Waktu maksimum yang ideal adalah 1-2 jam perhari. Sediakan kegiatan alternatif yang menarik dan penuh pengalaman bagi anak. Orangtua sebaiknya menyediakan waktu lebih banyak untuk terlibat dalam kegiatan atau aktivitas anak. Jika kecenderung adiksi tetap bertahan, segera konsultasi dengan professional.
Referensi :
  1. Bruner, K. & Bruner O. (2006) Playstation Nation: Protect Your Child from Video Game Addiction. New York : Center Street.
  2. Clark, N. & Scott, P. S. (2009) Game Addiction: The Experience and the Effects. US: McFarland

sumber: http://www.anakku.net/game-addiction-bagaimana-mengatasinya/

Nah demikian hasil kutipan copas saya,semoga dengan ini anak anda bisa berhenti untuk menghabiskan uang mereka di warung internet,atau pun menghabiskan waktu mereka hanya di depan layar komputer.


Sumber http://www.gameedukasi.com/2012/04/ciri-ciri-kecanduan-game-dan-cara-mengatasi-pada-anak/ ....

No comments: